Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Desain Kandang Kambing

Desain kandang kambing - kambing merupakan jenis hewan terak yang banyak dibudidayakan oleh masyarakat menengah ke bawah maupun masyarakat menengah ke atas. Hewan pemakan rumput ini tentu banyak diambil manfaatnya, mulai dari dagingnya, susunya, hingga sampai kulitnya.

Mungkin Anda sendiri berencana akan membuka suatu peternakan jenis hewan ini, Nah sebelum mulai membuka peternakan kambing, Tentu langkah yang pertama Anda lakukan adalah membuatkan kandang kambing.

Untuk membuat kandang kambing ini, tentu saja Anda memerlukan sebuah gambar desain kandang ideal yang nantinya dapat digunakan oleh hewan ternak yang dimiliki. Nah, berikut ini adalah beberapa desain kandang kambing yang bisa anda buat atau pesan pada tukang pembuat kandang.

Berikut Ini Beberapa Desain Kandang Kambing Paling Ideal yang Bisa Anda Buat Sendiri

1. Desain kandang kambing modern

Desain kandang kambing modern

Untuk membuat desain kandang seperti ini diperlukan lahan yang cukup luas dan terbuka, tidak lembab, juga ada proses penyinaran dari matahari sehingga kambing peliharaan tidak pernah mengalami sakit.

Selain itu, diperlukan juga bahan-bahan penyusun kandang yang memiliki kualitas bagus. Hal ini bertujuan agar nantinya kandang yang akan dibuat bisa awet dan tahan lama dalam waktu yang cukup panjang. Jenis layu yang direkomendasikan untuk membuat jenis desain kandang kambing ini adalah kayu jati, Sebab jenis kayu ini memiliki tingkat kualitas yang baik dibandingkan dengan kayu lainnya.

Selain kayu, Anda juga memerlukan batu, semen, pasir sebagai pondasi atau dasar kandang dan buat kemiringan dengan sudut 45 derajat pada bagian bawah kandang. Ini bertujuan agar kotoran atau hasil metabolisme kambing tertampung pada satu tempat.

Bahan dan Peralatan yang Dibutuhkan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat desain kandang kambing seperti ini adalah sebagai berikut.

  • Kayu balok ukuran besar
  • Kayu kaso
  • Papan kayu jati
  • Genteng
  • Pasir
  • Batu pondasi
  • Batu bata merah
  • Semen
  • Paralon 4 inch.

Taksiran biaya untuk membuat desain kandang kambing tipe modern ini hingga selesai adalah 10 juta, Ini tidak termasuk biaya kuli tukang bangunan. Proses pengerjaan berdasarkan jumlah kuli dan tukang, artinya semakin banyak yang bekerja maka semakin cepat pula kandang terselesaikan.

2. Desain Kandang Kambing Sederhana

Desain Kandang Kambing Sederhana

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kandang kambing sederhana ini adalah batu cadas, kayu jati, dan asbes atap. Dimana posisi batu cadas dipasang tepat berada di bawah dan sebagai kaki penumpu dari kandang.

Anda juga memerlukan 10 kayu balok besar yang berukuran kurang lebih 5 meter sebagai penyanggah bangunan kandang. Untuk ukurannya bisa disesuaikan dengan yang ada, artinya kandang dibuat tidak terlalu sempit juga tidak terlalu lebar.

Untuk perawatan jenis kandang seperti ini, mungkin anda perlu rajin dalam membersikan bagian bawah kandang. Karena kandang tersebut tidak ada tempat khusus untuk pembuangan kotoran seperti pada gambar desain kandang kambing modern di atas.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat kandang kambing sederhana ini adalah sebagai berikut.

  • Kayu balok ukuran besar
  • Kayu kaso ukuran sedang
  • Papan kayu bebas
  • Asbes atap
  • Batu cadas untuk kaki kandang

Untuk membuat desain kandang kambing tipe sederhana ini diperkirakan membutuhkan biaya kurang lebih sebesar 5-7 juta, Ini tidak termasuk biaya kuli dan laden. Proses pengerjaan akan lebih cepat jika yang kerja dan kuli berjumlah banyak.

3. Desain Kandang Kambing dari Bambu

Desain Kandang Kambing dari Bambu

Sebagaimana yang telah anda lihat bahwa bahan-bahan yang menyusun kandang ini sepenuhnya tersusun dari bahan bambu. Biaya yang diperlukan untuk membuat kandang ini pun sangat murah, sangat cocok sekali kandang kambing ini dibuat bagi Anda yang kekurangan dana.

Namun kandang ini tidak mampu bertahan cukup lama, Idealnya mampu bertahan sampai 3 tahun  dan itu pun tergantung musim cuaca di daerah masing-masing. Terutama di Indonesia yang termasuk daerah tropis, Sebab di daerah tropis itu sendiri mengalami musim hujan dua kali. Tentunya akan membuat kualitas bambu bangunan kandang cepat rapuh.

Bahan yang Diperlukan

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat kandang kambing ini ialah sebagai berikut.

  • Jenis kayu bambu muda dan tua
  • Terpal tenda
  • Paku ukuran 2-10 cm.
  • Jerami kering

Membuat desain kandang kabing seperti ini memerlukan biaya tidak lebih dari 1 juta, Ini sudah termasuk tukang dan kuli. Jika anda yang membuatnya langsung, maka tidak akan mengeluarkan biaya tambahan lagi.

4. Desain Kandang Kambing dari Baja Ringan

Desain Kandang Kambing dari Bahan Baja Ringan

Desain kandang kambing kali ini sangat berbeda jauh dengan jenis kandang lainnya. Perbedaan tersebut terletak pada bahan yang digunakan, yaitu bahan baja ringan. Tentu kandang ini lebih awet dan anti kena rayap, jenis kandang ini terbilang salah satu kandang generasi baru.

Kandag ini sudah dilengkapi dengan tempat penampung kotoran kambing, Jadi anda tidak perlu khawatir akan bercecernya kotoran ternak yang ada didalam kandang. Selain itu, kotoran tersebut juga bisa dijadikan pupuk organik untuk berbagai macam jenis tanaman seperti sayuran dan lain sebagainya.

Untuk membuat desain kandang seperti ini, mungkin Anda memerlukan tukang. Kecuali jika anda memang bisa sendiri dalam urusan pasang bongkar bangunan jenis bahan baja ringan ini. Untuk biaya pemasangan diperkirakan mencapai 10 juta, biasanya ini sudah termasuk biaya pemasangan.

Peroses pembangunan kandang kambing dari bahan baja ringan ini, diperkirakan maksimal selesai kurang lebih dua hari. Jadi, Anda tidak perlu khawatir untuk menunggu berhari-hari selesainya kandang yang anda pesan ini.

5. Desain Kandang Kambing Semi Umbaran

Desain Kandang Kambing Semi Umbaran

Sesuai dengan namanya bahwa desain kandang ini memiliki dua bagian, yaitu pertama bagian kandang panggung dan yang kedua bagian umbaran. satu kandang panggung dibuat untuk berteduh saat terjadi hujan maupun cuaca panas dan sekaligus sebagai tempat makan konsetrat kambing.

Jenis kandang kambing semi umbaran seperti ini sangat cocok sekali untuk dijadikan tempat pembibitan kambing, terutama kambing indukan yang sedang mengandung dan menyusui. Terlihat gambar di atas bahwa kambing indukan berkumpul di tempat umbaran pada pagi hari.

Disarankan untuk daerah umbaran itu sendiri memiliki satu jenis rumput yang tumbuh untuk dimakan oleh kambing dan juga sebagai tempat pakan alami kambing. Dengan adanya jenis rumput di tempat umbaran tersebut, maka dapat dipastikan kebutuhan pakan kambing pun bisa terpenuhi secara maksimal.

Untuk membuat desain kandang kambing seperti ini dibutuhkan halaman yang cukup luas, hal ini bertujuan agar kambing bisa bergerak bebas sesuai keinginannya. Untuk pagar kandang, kamu bisa gunakan pagar besi tralis yang sudah dicat anti karat.

Posting Komentar untuk "Desain Kandang Kambing"