Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana

10 Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana

Desain Kandang - Menyajikan beberapa desain kandang ayam petelur yang tetunya memberikan inspirasi buat semua orang yang ingin mulai beternak jenis unggas satu ini. Selain itu desain-desain kandang yang ada didalam postingan ini bertujuan untuk memberikan gambaran buat anda yang sedang atau akan mulai menjalani usaha peternakan ayam petelur.

Setelah ini Anda dapat membuat atau memesan kandang sesuai keinginan untuk diisi oleh beberapa jenis ayam petelur kepunyaan sendiri dengan kandang-kandang yang unik, minimalis, dan ramah lingkungan pastinya anda dapat memanen telur setiap hari.

Ukuran Kandang Ayam Petelur

Untuk desain kandang ayam petelur sendiri, normalnya memiliki jarak 20 cm per satu polong ayam. Dengan tinggi belakangnya 33 cm, depannya 36 cm, panjang samping atau alasnya 55 cm, dan panjang sekatan antara ruangan lainnya adalah 36 cm.

Bahan-bahan yang dibutuhkan sebelum membuat kandang ayam petelur sesuai desain yang ada di postingan ini adalah sebagai berikut.

  • Kayu bambu yang sudah dibersihkan
  • Kayu serat batang list
  • Paku ukuran 4 inc. atau bisa gunakan paku ram/ triplek
  • Gergaji
  • Palu
  • Meteran atau alat ukur panjang

Selain alat dan bahan yang dibutuhkan seperti di atas, Kamu juga memerlukan alat ukur meteran untuk mengukur bahan-bahan yang ada agar kandang ayam yang akan dibuat sesuai dengan gambar desain kandang ayam petelur.

Tip Sebelum Membuat Kandang Ayam Petelur Sederhana

Ada beberapa tip yang perlu diperhatikan sebelum membuat desain kandang ayam petelur, Tips ini ada enam poin, yaitu sebagai berikut.

  1. Gunakan bahan yang memiliki kualitas awet
  2. Hindari penggunaan paku yang terlalu besar
  3. Gunakan mur sekrup sebagai pilihan pengganti paku
  4. Buat penampung kotoran ayam
  5. Sesuaikan ukuran kandang dengan kondisi ayam
  6. Gunakan bahan pelastik untuk pakan ayam

Itulah beberapa tips yang dapat anda perhatikan sebelum membuat atau memesan kandang untuk jenis ayam petelur yang anda miliki.

Berikut Beberapa Tipe Kandang Ayam Petelur

1. Desain kandang ayam petelur tipe A

Desain Kandang Ayam Petelur Tipe Minimalis

Bahan yang diperlukan untuk membuat desain kandang seperti ini adalah kayu batang list dan kayu bambu kering. Untuk merangkainya anda bisa menggunakan sekrup kayu, ini disarankan sebab jika diganti dengan paku biasanya sering terjadi pecah pada bagian batang kayu.

Sesuaikan setiap ruangan dengan perkiraan anda, Jangan sampai terlalu luas juga tidak terlalu sempit tapi buatlah dengan ukuran sedang saja yang pasti ayam bisa makan, minum, dan bisa bersuara terlihat nyaman dipandang.

Tipe kandang ini sudah ramah lingkungan, Anda tidak perlu setiap melakukan perawatan dengan rutin setiap hari menggosok pada bagian kandang yang terneka kotoran. Sebab kandang ini sudah terdapat pembuangan kotoran sendiri. Namun perlu anda lakukan adalah menaruh kain atau pelastik pada bagian bawah kandang.

2. Desain kandang ayam petelur tipe B

Desain Kandang Ayam Petelur Tipe B

Fisik dari kandang ini sepenuhnya terbuat dari bahan ayu bambu muda dengan dilengkapi tempat makan dan minum untuk ayam petelur. Selain itu, kandang ini mampu menampung delapan ekor ayam petelur dalam setiap barisnya. Namun anda juga bisa membuatnya hanya beberapa ruangan saja sesuai dengan kebutuhan.

Desain kandang ini sangat cocok buat anda yang ingin menjalani bisnis telur ayam dalam cakupan minimalis, Jadi anda hanya membutuhkan kandang ini dan beberapa jenis ayam petelur untuk memulai bisnis kecil anda, dan pastinya biaya yang dikeluarkan tidak terlalu besar.

3. Desain kandang ayam petelur tipe C

Desain Kandang Ayam Petelur Tipe C

Desain gambar kandang ini sebenarnya cara membuatnya hampir sama dengan desain kandang tipe sebelumnya dan begitu bahan-bahan yang diperlukannya juga sama. Dalam gambar terlihat bahwa kandang tersebut tersusun dari tiga tingkat dan setiap tingkatnya dapat diisi 4-5 ekor ayam petelur.

Sistem dari kandang ini adalah terdapat pembuangan kotoran pada setiap ruangan sehingga anda dapat memberihkan kandang dengan cara manual, Hal ini tentu sama dengan desain kandang ayam bangkok yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya.

4. Desain kandang ayam petelur tipe D

Desain Kandang Ayam Petelur Tipe D

Jenis desain pada tipe D ini, khusus bagi anda yang ingin mulai menjalani usaha besar, Karena memerlukan lahan peternakan yang berhektar-hektar. Terlihat pada gambar bahwa terdapat tiga tingkat dan setiap tingkatnya mampu diisi dengan 100 ekor ayam petelur atau bahkan lebih dari itu.

Sistem dalam membuat jenis kandang tipe ini, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan cara membuat kandang sebelumnya, Hanya saja lebih diperbanyak lagi jumlah setiap ruangannya. Soal hasil peternakan ini, jangan ditanya sebab dalam waktu satu hari anda sudah dapat memanen telur dari ayam yang ada didalam kandang ini.

5. Desain kandang ayam petelur tipe E

Desain Kandang Ayam Petelur Tipe E

Untuk membuat kandang jenis tipe ini, maka diperlukan kayu bambu kering dan kayu kubus list ukuran kecil. Mengenai jenis kayu list yang digunakan, direkomendasikan untuk menggunakan kayu yang berbahan kuat seperti kayu mahoni, kayu jati, dan kayu.

Kandang dibuat menjadi tiga susun dengan ruangan menyesuaikan keadaan ayam petelur, Tidak terlalu lebar dan juga tidak terlalu sempit yang jelas ayam petelur anda bisa makan dan minum dengan nyaman.

6. Desain kandang ayam petelur tipe F

Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana Tipe E

Jenis desain kandang ayam petelur ini dibuat dari bambu dengan kayu penyanggah dan ditempatkan di atas kolam. Lebih cocok disimpan di atas ikan lele, sehingga kotoran yang jatuh ke bawah langsung dimakan oleh lele yang ada di dalam kolam.

Jadi, selain menernak atau menjalani usaha ayam petelur disisi lain anda juga dapat menernak ikan lele di kolam ukuran mini. Seperti yang terlihat dalam gambar bahwa posisi kandang ayam berada di atas air kolam, dengan demikian anda pun tidak repot harus membersihkan kandang setiap hari.

7. Desain kandang ayam petelur tipe G

Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana Tipe G

Terlihat sederhana dalam satu kandang terdapat lima ruangan yang dapat diisi dengan ayam petelur, Jenis desain kandang ini tidak banyak mengeluarkan biaya yang besar. Karena bahan yang digunakan hanya mengandalkan kayu bambu kering yang disusun sedemikian rupa.

Desain kandang ini sangat direkomendasikan bagi yang ingin memulai peternakan ayam petelur, Anda bisa memesan atau membuat sendiri dengan menyediakan bahan-bahan seadanya seperti paku ram, kayu bambu, palu, dan lain-lain.

8. Desain kandang ayam petelur tipe H

Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana Tipe H

Desain kandang ayam petelur tipe H ini mampu diisi sepuluh jenis ayam petelur, Bahan-bahan yang digunakan adalah bambu dan untuk membuat kandang seperti ini yang anda butuhkan adalah meteran, paku, dan kayu bambu muda.

Untuk ukuran desain kandang ini adalah panjang 3 meter, lebar 30 cm, dan tinggi 40 cm. Anda juga bisa membuat atau memesan jenis desain kandang tipe ini sesuai dengan keinginan dan tidak mesti sama dengan ukuran yang ada.

9. Desain kandang ayam petelur tipe I

Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana Tipe I

Kandang ini mampu diisi dengan ratusan ekor ayam petelur, Dilengkapi dengan tempat pakan ayam sendiri dan pembuangan kotoran. Jarak kandang bagian kanan dan kiri sejauh tiga meter, dan memiliki tiga susun. Bahan yang digunakan jenis kayu kaso dan jenis kayu bambu gebong kering, Kandang ini sangat direkomendasaikan buat anda yang akan memulai bisnis besar ayam petelur.

10. Desain kandang ayam petelur tipe J

Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana Tipe J

Bahan yang diperlukan untuk membuat desain kandang seperti ini adalah besi putih semacam kawat dan kayu jenis jati. Seperti pada umumnya kandang ini memiliki tiga susun dan disanggah oleh kayu kaso dengan sudut kemiringan 75 derajat.

Kandang ini mampu diisi dengan 100-1000 ekor ayam petelur dalam satu bagunan. Anda bisa membuat proyek besar untuk membuat tipe desain kandang ini, Tentunya membutuhkan waktu berhari-hari untuk menyelesaikannya tergantung jumlah pekerja, Semakin banyak jumlah pekerja maka semakin cepat diselesaikan dan begitu pula sebaliknya.

Demikianlah postingan artikel tentang 10 desain kandang ayam petelur sederhana, Semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi buat anda yang berencana membuat desain kandang untuk ayam jenis petelur yang dimiliki.

Posting Komentar untuk "10 Desain Kandang Ayam Petelur Sederhana"